Sabtu, 06 September 2014

Pengertian Internet





                
                    Kita tentu sering mendengarkan dan membaca kata internet dalam pergaulan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. Menjamurnya internet ditandai dengan kehadiran sejumlah warnet ( warung internet ) di seluruh penjuru indonesia. Terdapat banyak kemudahan yang dapat diperoleh dari penggunaan internet, khususnya sebagai sarana untuk berkomunikasi dan mengakses informasi.

                Teknologi internet menjadi media penyebaran informasi yang sangat cepat dan praktis. Sejalan dengan perkembangan teknologi ini, jaringan komputer di sebuah kantor atau sekolah telah banyak yang dihubungkan dengan transmission control protocol / internet protocol ( TCP / IP ). Protokol tersebut memungkinkan jaringan komputer untuk menikmati fasilitas internet. Apa sebenarnya perbedaan  internet dan intranet itu? Apa pula yang dimaksud dengan TCP/IP itu? Penjelasan lebih lanjut dapat kamu temukan dalam uraian berikut.

A.        Internet

Istilah internet berasal dari bahasa latin inter yang artinya ‘antara’.  Berdasarkan asal katanya tersebut, internet (interconnected network) dapat di definisikan sebagai sebuah sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia melalui baik jalur telepon kabel maupun satelit. Internet dapat berfungsi untuk memindahkan data antar komputer dengan waktu yang sangat cepat, meskipun terpisah oleh jarak yang jauh.

 Menariknya, jaringan internet dapat diaplikasikan pada setiap jenis komputer dan sistem operasi. Internet dapat dioperasikan pada personal computer (PC) atau komputer yang menggunakan beragam sistem operasi. Bahkan, komputer tablet dan telepon seluler dapat terhubung dengan jaringan internet.

  Internet menghubungkan sebagian besar komputer di seluruh dunia menggunakan bahasa jaringan yang sama, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Secara umum, protokol TCP/IP ini berperan untuk mengatur dan komunikasi antar jaringan komputer. TCP bertugas untuk memastikan semua hubungan dapat bekerja dengan benar dan lancar. Sementara itu, IP bertugas untuk mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer yang lain.

    Komputer yang telah terhubung dengan internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi atau data dengan pengguna internet lain (user). Seiring dengan perkembanganya, tidak hanya komputer saja yang dapat disambungkan ke internet. Pada saat ini internet dapat di hubungkan dengan berbagai teknologi lainya seperti telepon seluler, satelit komunikasi, kamera video, komputer tablet, pemutar musik, dan pemutar video. Pada mulanya, kabel tembaga digunakan sebagai sarana penghubung anatar komputer. Namun, pada saat ini media yang dapat digunakan semakin beragam. Media yang dimaksud antara lain kabel serat optik dan koneksi tanpa kabel dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Koneksi tanpa kabel ini berupa jaringan WiFi yang dipancarkan melalui terminal (hotspot) maupun jaringan telepon seluler.

             Secara umum, internet dapat dimanfaatkan untuk mengakses informasi dari halaman website, membaca informasi terkini, mengirim surat elektronik (e-mail), mengobrol (chatting), mencari berbagai data, berbelanja secara online, menonton siaran televisi, bermain game online.

           Jaringan internet tidak dibatasi oleh batas negara. Setiap pengguna dari negara mana pun dapat saling bertukar informasi dan menggunakanya. Internet tidak memiliki kontrol secara terpusat. Meskipun demikian, terdapat lembaga yang mengatur standard dan pendataan dalam jaringan internet.


Hanya itu yang dapat saya sampaikan, Semoga bermanfaat.


0 komentar

 

© 2015 WinOffice ∙ Designed By WinOfficer.Blogspot.com
WinOffice Copyright 2015 - 2016